Minggu, 26 Juli 2015

Manfaat Minyak Ikan Cod

Minyak ikan cod, seperti namanya, adalah minyak atsiri dari hati cod Atlantic (Gadus morhua).

Minyak umumnya diambil sebagai suplemen makanan. Ini adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3 (EPA dan DHA) dan mengandung jumlah yang relatif tinggi vitamin A dan vitamin D.

Konsentrasi yang tepat dari nutrisi dalam minyak ikan cod tergantung pada jenis keluarga Gadus minyak datang.

Penggunaan medis cod liver sudah berabad-abad. Didokumentasikan penggunaan medis pertama adalah pada tahun 1789, ketika Dr Darbey dari Manchester Infirmary di Inggris menggunakan minyak untuk mengobati rematik.

Hanya beberapa dekade kemudian, pada tahun 1824, minyak ikan cod digunakan sebagai obat melawan rakhitis. Pada tahun 1930-an sifat terapeutik minyak ikan yang mapan dan sering diberikan kepada anak-anak untuk membantu mencegah rakhitis dan kondisi lain yang disebabkan oleh deficiency vitamin D.

Nutrisi dalam minyak ikan cod (nilai per 100g)  3

Vitamin A - 100.000 IU
Vitamin D - 10.000 IU
Asam lemak jenuh - 22,608 g
Asam lemak tak jenuh tunggal - 46,711 g
Asam lemak tak jenuh ganda - 22,541 g

Selain sebagai sumber nutrisi yang baik, penelitian telah menemukan bahwa minyak ikan cod mungkin memiliki beberapa sifat terapeutik yang sangat penting.

Minyak ikan cod diperkirakan untuk membantu meringankan kekakuan sendi yang berhubungan dengan arthritis, memiliki efek positif pada kesehatan jantung, dan membantu memperbaiki luka gigi, kuku, rambut, dan kulit.

Minyak ikan cod meredakan gejala arthritis

Sebuah penelitian di Jerman, yang termasuk 43 pasien dengan rheumatoid arthritis yang konsumsi 1 g minyak ikan cod setiap hari selama 3 bulan, menemukan bahwa pasien mengalami penurunan intensitas rasa sakit kaku mereka.

Sebuah studi terpisah menyimpulkan bahwa minyak ikan cod juga dapat membantu mereka yang menderita osteoarthritis. Para peneliti menemukan bahwa minyak ikan cod membantu mengurangi rasa sakit dan kerusakan tulang rawan yang disebabkan oleh osteoarthritis, serta mengurangi kebutuhan untuk penggantian sendi. Dalam studi mereka, para peneliti menemukan bahwa minyak ikan cod mengurangi enzim terkait dengan rasa sakit dan tulang rawan kerusakan yang disebabkan oleh osteoarthritis.

Minyak ikan cod membantu mencegah penyakit arteri koroner
Asupan harian minyak ikan cod dapat membantu mencegah aterosklerosis koroner. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Lipid menyimpulkan bahwa konsumsi 1,5 g n-3 asam lemak per hari mengakibatkan penurunan perkembangan  peningkatan regresi penyakit arteri koroner didirikan. 6

Membantu luka perbaikan
Satu studi menilai pengaruh topikal menerapkan ikan cod salep minyak pada luka dengan menggunakan model luka telinga tikus berbulu. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa aplikasi topikal dari 25% cod liver salep minyak signifikan dipercepat baik epitel dan komponen vaskular penyembuhan dibandingkan dengan garam.

Membantu meningkatkan kinerja kognitif
Minyak ikan cod mengandung jumlah tinggi vitamin D. Sebuah penelitian menghubungkan antara vitamin D dan kinerja kognitif diidentifikasi dalam studi yang dipublikasikan menyimpulkan bahwa vitamin D mungkin memainkan peran kunci dalam menjaga fungsi otak yang baik di usia tua.

Minyak ikan cod efektif untuk mengobati tuberkulosis. Sebuah tinjauan penelitian sejarah dari tahun 1848 mengungkapkan bahwa minyak ikan cod bisa menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk TBC. Penyakit ini stabil di 18% dari peserta yang menerima minyak ikan cod, dibandingkan dengan hanya 6% di group.9 control

Minyak ikan cod efektif untuk mengobati penyakit crohn
Sebuah studi yang menemukan bahwa vitamin D, tersedia dalam suplemen atau minyak ikan cod, dapat mengatasi pengaruh dari disease.10 Crohn

Potensi risiko

Menurut penelitian sejumlah besar konsumsi ikan dapat menyebabkan efek samping karena racun lingkungan pada ikan seperti merkuri, polychlorinated biphenyls, dioksin, dan kontaminan lainnya.

Rrisiko paparan racun lingkungan dan hypervitaminosis dengan konsumsi ikan secara substansial berkurang melalui proses pemurnian yang digunakan untuk mengembangkan dipilih suplemen minyak ikan terkonsentrasi dan persiapan resep.

Oleh karena itu, ketika memilih terapi minyak ikan, orang harus sangat menyadari semua informasi yang tersedia untuk menilai keselamatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar