Jumat, 24 Agustus 2018

Aktivasi Kontrol Kelahiran Penyebab Berat Badan

Apakah Aktivasi Kontrol Kelahiran Penyebab Berat Badan?

    Mengapa itu mungkin
    Penelitian
    Efek samping lainnya
    Temui dokter Anda

Apakah implan benar-benar menyebabkan penambahan berat badan?

Implan hormonal adalah bentuk kontrol kelahiran jangka panjang yang dapat dibalik. Seperti bentuk lain dari kontrol kelahiran hormonal, implan dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Namun, penelitian dicampur pada apakah implan benar-benar menyebabkan penambahan berat badan. Bukti menunjukkan bahwa beberapa wanita menggunakan implan mengalami kenaikan berat badan. Tetapi tidak jelas apakah ini hasil dari implant itu sendiri atau kebiasaan gaya hidup lainnya.

Teruslah membaca untuk mempelajari mengapa Anda dapat menambah berat badan, efek samping potensial lainnya, dan banyak lagi.

Mengapa penambahan berat badan dimungkinkan

Memahami bagaimana implan bekerja sangat penting untuk memahami efek sampingnya.

Implan kontrol kelahiran tersedia di Amerika Serikat sebagai Nexplanon.

Dokter Anda akan memasukkan implan ini ke lengan Anda. Setelah ditempatkan dengan benar, itu akan melepaskan hormon sintetis etonogestrel ke dalam aliran darah Anda selama beberapa tahun. Hormon ini meniru progesteron. Progesterone adalah hormon alami yang mengatur siklus menstruasi Anda bersama dengan hormon estrogen.

Masuknya etonogestrel ini mengganggu keseimbangan hormon alami tubuh Anda, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Apa yang dikatakan riset tentang implan dan kenaikan berat badan

Meskipun penambahan berat badan diakui sebagai efek samping yang potensial dari implan, para peneliti tidak jelas apakah keduanya benar-benar terkait.

Hingga saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa implan benar-benar menyebabkan penambahan berat badan. Faktanya, banyak penelitian menyimpulkan sebaliknya.

Misalnya, satu studi tahun 2016 menyimpulkan bahwa wanita yang menggunakan implan tidak bertambah berat badannya, meskipun mereka merasa memilikinya. Para peneliti berpikir perempuan mungkin telah merasakan kenaikan berat badan ini karena mereka tahu tentang kemungkinan efek samping ini.

Penelitian lain pada tahun 2016 mengamati semua kontrasepsi progestin saja, termasuk implan. Para peneliti menemukan bahwa tidak ada banyak bukti penambahan berat badan untuk jenis kontrasepsi ini. Penelitian ini merekomendasikan bahwa wanita diberi konseling untuk lebih memahami penambahan berat badan sehingga mereka tidak menghentikan penggunaan bentuk-bentuk pengendalian kelahiran.

Kedua studi tersebut menyatakan bahwa wanita mungkin melihat bahwa mereka menambah berat badan dengan implan, meskipun itu tidak benar-benar menambah berat badan.

Penting untuk dicatat bahwa penambahan berat badan adalah pengalaman individu untuk setiap orang yang menggunakan implan. Studi yang membahas "pengguna rata-rata" mungkin tidak mencerminkan reaksi tubuh Anda terhadap kontrasepsi.

Penambahan berat badan juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti penuaan, gaya hidup yang tidak aktif, kebiasaan makan yang buruk, atau kondisi medis lainnya. Lacak berat badan Anda dengan menimbang berat badan setiap minggu pada waktu yang sama (idealnya di pagi hari setelah Anda mengosongkan kandung kemih Anda). Timbangan digital adalah timbangan yang paling dapat diandalkan.

Efek samping potensial lainnya dari implan

Selain penambahan berat badan, Anda mungkin mengalami efek samping lain dengan implan.

Ini termasuk:

    rasa sakit atau memar di mana dokter memasukkan implan
    periode tidak teratur
    sakit kepala
    peradangan vagina
    jerawat
    nyeri di payudara
    perubahan suasana hati
    depresi
    sakit perut
    mual
    pusing
    kelelahan

Temui dokter Anda

Bicaralah dengan dokter Anda segera jika menstruasi Anda sangat panjang dan menyakitkan, Anda mengalami sakit kepala yang tiba-tiba dan menyakitkan, atau Anda mengalami masalah dengan tempat suntikan.

Anda juga harus menemui dokter Anda jika ada efek samping lain yang mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Dokter Anda dapat mengangkat implan dan memandu Anda melalui opsi pengendalian kelahiran lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar