Jumat, 24 Agustus 2018

KB Mempengaruhi Payudara

Bagaimana Kontrol Kelahiran Dapat Mempengaruhi Ukuran Payudara

Meskipun pil KB dapat memengaruhi ukuran payudara Anda, mereka tidak mengubah ukuran payudara secara permanen. Sebelum mulai menggunakan kontrasepsi hormonal, pastikan Anda memahami bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh Anda dan efek samping apa yang mungkin Anda alami.

Dasar-Dasar Kontrol Kelahiran

Pil KB adalah bentuk paling umum dari kontrasepsi hormonal yang digunakan di Amerika Serikat saat ini. Mereka bekerja untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan dalam tiga cara.

Pil KB adalah bentuk paling umum dari kontrasepsi hormonal yang digunakan di Amerika Serikat saat ini. Mereka bekerja untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan dalam tiga cara.

Mencegah Ovulasi

Setiap bulan, indung telur Anda melepaskan telur matang dari indung telur Anda. Ini disebut ovulasi. Jika telur ini bersentuhan dengan sperma, Anda bisa hamil. Jika tidak ada sel telur untuk dibuahi, kehamilan tidak mungkin.

Meningkatkan Jumlah Mucus

Hormon yang ditemukan dalam pil KB meningkatkan penumpukan lendir lengket di serviks Anda. Penumpukan ini mempersulit sperma memasuki mulut rahim. Jika sperma tidak dapat masuk ke serviks, mereka tidak dapat membuahi sel telur jika salah satunya dilepaskan.

Menipiskan Lapisan Uterine

Lapisan rahim Anda juga berubah. Setelah beberapa bulan menggunakan pil, lapisan rahim Anda mungkin sangat tipis sehingga sel telur yang dibuahi akan mengalami kesulitan melekat padanya. Jika telur tidak dapat menempel ke uterus, telur tidak dapat memulai pengembangan.

Lapisan rahim yang lebih tipis juga dapat mempengaruhi pendarahan yang Anda alami selama menstruasi. Tanpa lapisan uterus yang tebal untuk ditumpahkan, menstruasi Anda mungkin lebih ringan. Akhirnya, Anda mungkin tidak mengalami pendarahan sama sekali.

Pil KB lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan yang tidak direncanakan jika dikonsumsi dengan benar. Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang memiliki hasil serupa. Ini termasuk cincin, tempelan, dan bidikan.

Baca lebih lanjut: Kontrol kelahiran mana yang tepat untuk Anda? »
Bagaimana Hormon Mempengaruhi Tubuh Anda

Pil KB mengandung hormon. Hormon-hormon ini, estrogen dan progestin, adalah bentuk sintetis hormon yang secara alami terjadi di tubuh Anda. Ketika Anda mulai mengambil kendali kelahiran, kadar hormon-hormon ini akan meningkat. Pergeseran hormon ini dapat menyebabkan efek samping. Sebagian besar efek samping ini akan mereda setelah beberapa minggu atau bulan menggunakan pil.

Hormon dalam pil KB dapat menyebabkan perubahan pada payudara Anda. Hanya operasi yang dapat mengubah ukuran payudara secara permanen, tetapi beberapa wanita mengalami perubahan ukuran payudara saat pertama kali mulai menggunakan pil KB.

Dalam kebanyakan kasus, setiap perubahan dalam ukuran payudara adalah hasil dari retensi cairan atau kenaikan berat badan sementara yang disebabkan oleh peningkatan hormon. Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan dalam ukuran payudara saat mengambil pil aktif dalam kemasan pil mereka. Ukuran payudara dapat kembali normal ketika mengambil pil yang tidak aktif atau plasebo yang mungkin ada dalam kemasan pil Anda.

Setelah beberapa minggu atau bulan pada pil, perubahan sementara akan mereda dan ukuran payudara Anda akan kembali normal.

Apakah Ada Efek Samping Lain?

Selain perubahan ukuran payudara, hormon yang ada dalam pil dapat menyebabkan efek samping lain. Ini dapat termasuk:

    perubahan siklus menstruasi, seperti tidak ada perdarahan atau perdarahan berat
    perubahan mood
    mual
    sakit kepala
    penambahan berat badan
    kelembutan payudara

Penyebab Gejala-Gejala Ini

Hormon yang ditemukan dalam pil KB adalah bentuk sintetis hormon yang secara alami terjadi di tubuh Anda. Saat meminum pil ini, tingkat hormon dalam tubuh Anda meningkat.

Pada tingkat yang meningkat ini, hormon-hormon ini dapat menghasilkan perubahan dalam tubuh Anda, seperti peningkatan sementara dalam ukuran payudara atau kenaikan berat badan. Selain perubahan ini, beberapa wanita mengalami efek samping yang lebih parah dari pil KB.

Efek samping yang jarang ini dapat meliputi:

    tekanan darah tinggi
    pembekuan darah
    serangan jantung
    sebuah stroke

Pil KB yang mengandung estrogen lebih mungkin menyebabkan efek samping yang parah. Efek samping ini kurang mungkin dengan pil progestin saja. Ini datang dengan trade-off. Pil progestin saja kurang efektif mencegah kehamilan daripada pil yang mengandung estrogen.
Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

Sebagian besar wanita dapat berhasil mengambil pil KB tanpa gejala, efek samping, atau komplikasi. Namun, wanita-wanita tertentu disarankan untuk tidak mengambil kendali kelahiran atau mengambilnya dengan pemahaman bahwa mereka mungkin berisiko lebih tinggi untuk efek samping yang lebih berat.

Wanita yang harus lebih berhati-hati saat mengambil KB termasuk mereka yang:

    merokok dan berusia di atas 35 tahun
    memiliki riwayat tekanan darah tinggi
    memiliki kadar kolesterol yang tidak sehat
    telah didiagnosis dengan gangguan pembekuan
    memiliki riwayat migrain dengan aura
    kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki masalah medis tambahan

Kapan Berbicara dengan Dokter Anda

Sebelum memulai kontrasepsi hormonal, Anda harus berdiskusi dengan dokter tentang kemungkinan efek samping atau komplikasi. Jika peningkatan ukuran payudara adalah alasan utama Anda untuk mengambil kendali kelahiran, penting untuk diingat bahwa sebagian besar perubahan dalam ukuran payudara bersifat sementara.

Beberapa wanita mungkin tidak mengalami perubahan ukuran payudara saat mengambil kendali kelahiran. Jika Anda ingin memperbesar ukuran payudara Anda secara permanen, diskusikan pilihan Anda untuk pembesaran payudara dengan dokter Anda.

Jika tujuan Anda adalah meningkatkan ukuran payudara dan Anda tidak ingin melakukan pembesaran payudara, Anda mungkin tertarik dengan latihan angkat beban dada. Latihan-latihan ini dirancang untuk memperkuat otot-otot di bawah payudara Anda, yang dapat memberikan penampilan payudara yang lebih besar.

Jangan mulai menggunakan pil KB jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan ukuran payudara Anda. Beberapa wanita mengalami perubahan dalam ukuran payudara. Setiap perubahan yang terjadi seringkali hanya sementara. Satu-satunya cara permanen untuk meningkatkan ukuran payudara adalah melalui operasi kosmetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar