Jumat, 24 Agustus 2018

Intrauterine Devices (IUDs) Penyebab Berat Badan

Dapatkah Intrauterine Devices (IUDs) Penyebab Berat Badan?

Apakah berat badan Anda bertambah selama bertahun-tahun? Jika Anda memiliki alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) untuk mengontrol kelahiran, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu berkontribusi terhadap penambahan berat badan Anda. Namun, kenaikan berat badan Anda mungkin lebih berkaitan dengan proses penuaan alami Anda dan pilihan gaya hidup daripada kontrol kelahiran Anda.

Apa itu IUD?

IUD adalah salah satu bentuk kontrasepsi yang digunakan oleh wanita. Ini adalah alat kecil yang dimasukkan dokter ke rahim Anda. Ini adalah salah satu metode yang paling efektif dari pengendalian kelahiran yang reversibel.

Dua bentuk IUD tersedia:

IUD tembaga

IUD tembaga (ParaGard) adalah plastik, perangkat berbentuk T dengan kawat tembaga melilitnya. Ini menciptakan reaksi peradangan di rahim Anda, yang beracun bagi sperma. Ini membantu mencegah kehamilan. Perangkat ini tahan hingga 10 tahun sebelum Anda perlu menggantinya.

IUD tembaga dapat menyebabkan efek samping, seperti:

    anemia
    sakit punggung
    kram
    vaginitis
    seks yang menyakitkan
    perdarahan antar periode
    pendarahan berat selama menstruasi
    nyeri menstruasi yang parah
    keputihan

Penambahan berat badan bukan merupakan efek samping dari IUD tembaga.

IUD Hormonal

IUD hormonal Mirena dan Skyla adalah perangkat berbentuk T plastik yang melepaskan hormon progestin ke dalam rahim Anda. Mereka mengentalkan lendir serviks Anda untuk mencegah sperma mencapai dan memupuk telur Anda. Mereka juga menipiskan lapisan uterus Anda dan membantu mencegah telur Anda dilepaskan. The Skyla IUD berlangsung hingga tiga tahun sebelum Anda perlu menggantinya, dan Mirena IUD dapat bertahan hingga lima tahun sebelum perlu diganti.

IUD Hormonal dapat menyebabkan efek samping, seperti perubahan pendarahan menstruasi Anda dan periode yang tidak terjawab. Efek samping lainnya termasuk:

    jerawat
    depresi
    pendarahan berat saat menstruasi
    sakit kepala, seperti migrain

IUD Hormonal juga mencatat penambahan berat badan sebagai kemungkinan efek samping. Namun, menurut situs web Mirena, kurang dari 5 persen wanita yang menggunakannya mengalami kenaikan berat badan.

Jika Anda memilih untuk menggunakan IUD, dokter Anda harus memasukkannya. Anda harus secara teratur memeriksa untuk memastikan perangkat masih di tempat. Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan bahwa string yang melekat pada IUD Anda masih ada di serviks Anda. Anda seharusnya tidak pernah menyentuh IUD itu sendiri.

Segera hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping setelah IUD dimasukkan yang mengkhawatirkan Anda.

IUD tidak mencegah penyebaran infeksi menular seksual (IMS). Anda harus menggunakan metode penghalang lainnya, seperti kondom, untuk membantu melindungi diri sendiri dan pasangan Anda dari IMS.

Menambah Berat Badan dan Menggunakan IUD

Biasanya diasumsikan bahwa menggunakan metode kontrasepsi tertentu mengarah pada peningkatan berat badan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wanita cenderung menambah berat badan selama masa reproduksi mereka, terlepas dari metode pengendalian kelahiran pilihan mereka.

Pusat Kolaborasi Nasional untuk Kesehatan Perempuan dan Anak-anak meninjau beberapa studi tentang penambahan berat badan dan IUD tembaga. Tidak ditemukan bukti bahwa penggunaan IUD memengaruhi berat badan.

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, bentuk-bentuk hormonal pengendalian kelahiran mungkin tidak akan menyebabkan Anda mendapatkan banyak berat badan juga. Jika Anda pikir berat badan Anda bertambah karena kontrasepsi hormonal Anda, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Ada banyak bentuk alat kontrasepsi yang tersedia. Anda harus menggunakan yang paling sesuai untuk Anda.

Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Mengelola berat badan Anda adalah usaha seumur hidup. Lebih dari 60 persen wanita di Amerika Serikat kelebihan berat badan, lapor Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS). Melakukan apa yang Anda bisa untuk menjaga berat badan yang sehat dan menghindari penambahan berat badan yang signifikan adalah penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan skala indeks massa tubuh untuk menentukan apakah berat badan Anda normal.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hindari mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar setiap hari. Ikuti tips ini untuk memiliki diet seimbang:

    Makan berbagai buah, sayuran, gandum utuh, produk susu rendah lemak, dan sumber protein tanpa lemak.
    Hindari daging berlemak tinggi, gorengan, dan manisan.
    Minum banyak air dan minum di tempat minuman berkalori tinggi seperti soda.

Anda harus menghindari diet dan eliminasi diet yang menghilangkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang Anda butuhkan.

Untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, Anda juga perlu melakukan latihan fisik secara teratur. Untuk kesehatan optimal, latihan rutin mingguan Anda harus mencakup:

    latihan aerobik, seperti berlari, berjalan, bersepeda, atau berenang
    latihan latihan kekuatan, seperti mengangkat beban atau menggunakan band resistensi
    latihan peregangan

Anda harus menghabiskan setidaknya 150 menit pada aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu. Menurut HHS, Anda mungkin perlu melakukan lebih dari 300 menit aktivitas intensitas sedang per minggu untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Membuat pilihan makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Mengelola Kesehatan Anda Secara Keseluruhan

Menemukan kontrol kelahiran yang tepat untuk Anda dan mengelola berat badan Anda adalah faktor penting dalam menjalani gaya hidup sehat. Pastikan Anda berbicara dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang IUD Anda atau berat badan Anda. Jika Anda berolahraga dan makan diet seimbang, tetapi Anda masih melihat fluktuasi yang signifikan dalam berat badan Anda, mungkin ada alasan medis untuk itu. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan AKDR terbaik untuk Anda berdasarkan gaya hidup, kesehatan, dan rencana reproduksi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar