Jumat, 24 Agustus 2018

Apa yang Diharapkan Saat Payudara Anda Tumbuh

Apa yang Diharapkan Saat Payudara Anda Tumbuh

    Pertanyaan umum
    Tanda-tanda pembangunan
    Tahapan
    Setelah perawatan hormon
    Merawat buah dada Anda
    Perubahan
    Periksa ke dokter

Apa yang terjadi ketika payudara Anda tumbuh?

Perkembangan payudara yang normal terjadi di sebagian besar kehidupan seorang wanita. Ini dimulai sebelum Anda lahir, berakhir saat menopause, dan memiliki beberapa tahap di antaranya. Karena tahapannya bertepatan dengan fase kehidupan wanita, waktu yang tepat untuk setiap tahap akan berbeda untuk setiap wanita. Tahapan-tahapan ini akan berbeda juga bagi mereka yang menjalani transisi jender. Ukuran payudara juga akan bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Bagaimanapun, penting untuk menyadari perkembangan normal sehingga Anda dapat melihat potensi masalah sejak dini.

Pertanyaan umum tentang perkembangan payudara

Sangat umum untuk memiliki pertanyaan tentang payudara Anda dalam tahap perkembangan yang berbeda, terutama karena payudara setiap wanita berbeda. Mari kita lihat beberapa pertanyaan yang lebih umum yang ditanyakan wanita.

Apakah payudara terasa sakit saat tumbuh? Jika ya, mengapa?

Ya, payudara bisa sakit ketika tumbuh. Payudara tumbuh sebagai respons terhadap hormon estrogen dan progesteron. Saat Anda memasuki pubertas, kadar hormon-hormon ini meningkat. Payudara Anda mulai tumbuh di bawah stimulasi hormon-hormon ini. Kadar hormon juga berubah selama siklus menstruasi, kehamilan, menyusui, dan menopause. Hormon menyebabkan perubahan jumlah cairan di payudara Anda. Ini bisa membuat payudara Anda terasa lebih sensitif atau menyakitkan.

Haruskah payudaraku memiliki ukuran yang sama?

Sebagian besar wanita memiliki varians dalam ukuran payudara mereka. Itu normal untuk payudara wanita untuk sedikit berbeda ukurannya, atau bahkan bervariasi menurut ukuran cawan utuh. Ini terutama umum selama masa pubertas, ketika payudara Anda masih tumbuh. Bahkan perbedaan besar dalam ukuran umumnya bukan masalah kesehatan.

Apakah benjolan di payudara saya berarti saya menderita kanker payudara?

Saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mencari benjolan di payudara Anda dapat membantu dalam mendeteksi kanker dini, benjolan tidak selalu berarti Anda mengidap kanker. Alasan utama ujian diri adalah penting adalah bahwa mereka membantu Anda mempelajari apa yang normal bagi Anda. Bagi banyak wanita, memiliki beberapa benjolan adalah hal yang normal.

Dengan pemeriksaan rutin, Anda mungkin memperhatikan bahwa benjolan Anda datang dan pergi, biasanya dengan siklus menstruasi Anda. Meskipun sebagian besar benjolan tidak menjadi masalah, kapan pun Anda menemukan benjolan untuk pertama kalinya, Anda harus memberi tahu dokter. Beberapa benjolan perlu dikeringkan atau bahkan mungkin dihapus jika mereka menjadi tidak nyaman.
Tanda-tanda perkembangan payudara

Perubahan lain dalam tubuh Anda mungkin menandakan bahwa payudara Anda, atau akan mulai tumbuh. Beberapa tanda termasuk:

    penampilan benjolan kecil yang keras di bawah puting Anda
    gatal di sekitar puting dan area dada Anda
    nyeri atau nyeri di payudara Anda
    sakit punggung

Tahapan perkembangan payudara

Payudara berkembang dalam tahap kehidupan seorang wanita - waktu sebelum kelahiran, pubertas, tahun melahirkan, dan menopause. Juga akan ada perubahan dalam perkembangan payudara dalam tahap-tahap ini selama menstruasi serta selama kehamilan.

Stadium kelahiran: Perkembangan payudara dimulai saat bayi perempuan masih janin. Pada saat dia lahir, dia sudah mulai membentuk puting susu dan saluran susu.

Tahap pubertas: Pubertas normal pada anak perempuan dapat dimulai sedini 8 tahun dan hingga akhir 13 tahun. Ketika ovarium Anda mulai menciptakan estrogen, ini menghasilkan jaringan payudara Anda bertambah gemuk. Lemak tambahan ini menyebabkan payudara Anda mulai tumbuh lebih besar. Ini juga ketika saluran susu tumbuh. Begitu Anda mulai berovulasi dan mengalami siklus menstruasi, saluran susu akan membentuk kelenjar. Ini disebut kelenjar sekretorik.

Menopause tahap: Biasanya wanita mulai mencapai menopause sekitar usia 50, tetapi bisa mulai lebih awal untuk beberapa. Selama menopause, tubuh Anda tidak akan menghasilkan sebanyak estrogen, dan itu akan mempengaruhi payudara Anda. Mereka tidak akan elastis dan dapat menurunkan ukuran, yang dapat menyebabkan melorot. Namun, jika Anda sedang diobati dengan terapi hormon, Anda mungkin mengalami gejala yang sama yang Anda alami selama siklus menstruasi.
Perkembangan payudara setelah perawatan hormon

Perkembangan payudara juga bervariasi bagi mereka yang mengalami transisi jender. Ini terjadi secara bertahap, jadi jika Anda sedang menjalani transisi, jangan berharap ada perubahan segera. Biasanya diperlukan waktu bertahun-tahun untuk sepenuhnya mengembangkan payudara melalui perawatan hormon.

Payudara Anda mungkin tidak merata selama pengembangan dan bahkan setelah mereka sepenuhnya berkembang. Ini benar-benar normal untuk wanita mana pun.

Penting untuk diperhatikan bahwa Anda tidak harus mencoba mengambil lebih banyak estrogen daripada yang diresepkan untuk membuat perkembangan payudara Anda lebih cepat. Lebih banyak estrogen tidak akan meningkatkan perkembangan dan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Lebih banyak penelitian diperlukan untuk kanker payudara pada wanita transgender. Namun, penting bagi Anda untuk mengikuti panduan yang disarankan untuk semua wanita dalam hal kesehatan payudara dan kanker payudara Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk menyaring kanker payudara.

Apa yang harus diketahui setelah perkembangan payudara

Segera setelah payudara Anda berkembang, Anda harus mulai melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur. Anda dapat menanyakan kepada profesional medis cara yang tepat untuk memeriksa payudara Anda, tetapi itu sederhana dan dapat dilakukan dalam beberapa menit di rumah. Pemeriksaan payudara sendiri secara teratur juga dapat membantu Anda menjadi lebih akrab dengan payudara Anda, sehingga akan lebih mudah untuk melihat perubahan apa pun. Diskusikan perubahan apa pun dengan dokter Anda.

Merawat payudara Anda setelah mereka berkembang adalah penting dan dapat membantu menghindari beberapa rasa sakit yang mungkin mereka sebabkan. Misalnya, memakai bra memberikan dukungan dan kenyamanan payudara Anda. Jika Anda berlari atau berpartisipasi dalam olahraga, Anda mungkin ingin memakai bra olahraga untuk memberi mereka dukungan ekstra dan membantu menghindari cedera dan ketidaknyamanan.

Payudara berubah

Sepanjang hidup Anda, payudara Anda akan mengalami perubahan setelah mereka berkembang. Waktu-waktu ini termasuk siklus menstruasi bulanan Anda serta kehamilan.

Perubahan siklus menstruasi

Setiap siklus bulanan akan menyebabkan perubahan pada payudara Anda karena hormon. Payudara Anda bisa menjadi lebih besar dan sakit selama siklus Anda, dan kemudian kembali ke normal setelah selesai.

Perubahan kehamilan

Selama kehamilan, payudara Anda akan mulai bersiap-siap memproduksi susu untuk bayi Anda, yang disebut laktasi. Proses ini akan membuat beberapa perubahan pada payudara Anda, yang dapat meliputi:

    areola membengkak, menggelap, dan bertambah besar ukurannya
    payudara bengkak
    rasa sakit di sepanjang sisi payudara Anda
    kesemutan di puting Anda
    pembuluh darah di payudara Anda menjadi lebih terlihat

Kapan harus ke dokter

Anda harus selalu menemui dokter jika menemukan benjolan baru atau benjolan yang membesar atau tidak berubah dengan siklus bulanan Anda. Periksa dengan dokter Anda jika Anda memiliki titik di payudara Anda yang merah dan menyakitkan. Ini bisa menjadi tanda infeksi yang akan membutuhkan obat.

Pastikan untuk menghubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala kanker payudara. Beberapa di antaranya adalah:

    keluarnya cairan dari puting Anda yang tidak susu
    pembengkakan payudara Anda
    kulit yang teriritasi pada payudara Anda
    sakit di puting Anda
    putingmu berputar ke dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar