Jumat, 24 Agustus 2018

Mencegah Mual dan Pil Kontrol Kelahiran

Mengapa Terjadi Mual dan Pil Kontrol Kelahiran dan Bagaimana Mencegahnya

    Alasan untuk mual
    Pengobatan
    Pencegahan
    Pil KB
    Efek samping lainnya
    Memilih pil yang tepat

Mual dan pil KB

Sejak diperkenalkannya pil pengendalian kelahiran pertama pada tahun 1960, perempuan telah mengandalkan pil sebagai cara yang efektif untuk mencegah kehamilan. Lebih dari 25 persen wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hari ini menggunakan pil.

Pil KB lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan saat diambil dengan benar. Seperti obat apa pun, itu dapat menyebabkan efek samping. Mual adalah salah satu efek samping yang paling sering dilaporkan dari pil KB.

Mengapa pil menyebabkan mual?

Rasa mual adalah hasil dari estrogen, yang dapat mengiritasi lambung. Pil yang mengandung dosis tinggi estrogen, terutama pil kontrasepsi darurat, lebih cenderung menyebabkan sakit perut daripada pil yang memiliki dosis lebih rendah dari hormon ini. Mual lebih umum ketika Anda pertama kali mulai minum pil.

Cara mengobati mual saat Anda minum pil

Tidak ada pengobatan khusus untuk mual yang disebabkan oleh pil. Namun, Anda mungkin menemukan bantuan dari serangan ringan mual dengan pengobatan rumahan ini:

    Hanya mengkonsumsi makanan ringan dan polos, seperti roti dan biskuit.
    Hindari makanan apa pun yang memiliki rasa kuat, sangat manis, atau berminyak atau digoreng.
    Minum cairan dingin.
    Hindari aktivitas apa pun setelah makan.
    Minum secangkir teh jahe.
    Makan lebih kecil, lebih sering makan.
    Ambil serangkaian nafas yang dalam dan terkendali.

Menerapkan tekanan ke titik-titik tertentu pada pergelangan tangan juga telah ditemukan untuk meredakan mual ringan. Obat Cina tradisional ini disebut akupresur.

Mual yang disebabkan oleh pil harus sembuh dalam beberapa hari. Jika mual terus berlanjut, buatlah janji untuk menemui dokter Anda. Rasa mual yang tidak hilang dapat memengaruhi nafsu makan dan berat badan Anda. Anda mungkin perlu beralih ke jenis pil lain atau bentuk pengendalian kelahiran yang berbeda.

Cara mencegah mual saat Anda minum pil

Untuk mencegah mual, jangan gunakan pil KB dengan perut kosong. Sebagai gantinya, bawalah setelah makan malam atau dengan camilan sebelum tidur. Anda juga bisa minum obat antasida sekitar 30 menit sebelum meminum pil. Ini dapat membantu menjaga perut Anda tetap tenang.

Sebelum menggunakan pil kontrasepsi darurat, bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah obat anti mual juga dapat digunakan. Mereka mungkin memberi Anda resep untuk obat anti-mual, terutama jika pil ini telah membuat Anda merasa sakit di masa lalu. Pil darurat progestin saja cenderung tidak menyebabkan mual dan muntah dibandingkan pil yang mengandung estrogen dan progestin.

Jangan berhenti minum pil KB hanya karena Anda mengalami mual. Anda bisa hamil jika tidak menggunakan metode kontrol kelahiran lain sebagai cadangan.

Bagaimana cara pil KB bekerja?

Pil KB berisi bentuk hormon estrogen dan progestin wanita atau progestin buatan manusia. Hormon-hormon ini mencegah kehamilan dengan menghentikan pelepasan telur matang dari ovarium wanita (ovulasi).

Pil KB juga menebalkan lendir di sekitar leher rahim. Ini membuat sperma lebih sulit berenang ke sel telur dan menyuburkannya. Pil ini juga mengubah lapisan rahim. Jika sel telur dibuahi, lapisan uterus yang berubah akan membuatnya lebih sulit bagi sel telur untuk ditanam dan tumbuh.

Pil kontrasepsi darurat seperti Plan B mengandung dosis hormon yang lebih tinggi yang ditemukan dalam pil biasa. Hormon dosis tinggi ini bisa menyulitkan tubuh Anda. Karena itu, Anda hanya boleh menggunakan kontrasepsi darurat jika tidak menggunakan kontrasepsi saat berhubungan seks atau Anda mengalami kegagalan pengendalian kelahiran.

Contoh kegagalan pengendalian kelahiran adalah kondom yang pecah atau perangkat intrauterine (IUD) yang jatuh saat berhubungan seks. Kontrasepsi darurat dapat menghentikan ovulasi dan mencegah telur meninggalkan ovarium. Pil-pil ini juga dapat mencegah sperma membuahi sel telur.

Efek samping lain dari pil KB

Selain mual, efek samping yang paling umum yang disebabkan oleh pil meliputi:

    nyeri payudara, nyeri tekan, atau pembesaran
    sakit kepala
    kemurungan
    mengurangi dorongan seksual
    bercak di antara periode, atau periode tidak teratur
    atau kehilangan berat badan

Sebagian besar efek samping ini ringan. Mereka biasanya pergi dalam beberapa bulan setelah Anda mulai minum pil. Salah satu efek samping yang jarang namun serius dari penggunaan pengendalian kelahiran adalah bekuan darah di kaki (deep vein thrombosis), yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan bekuan darah di paru-paru (emboli paru) dan mungkin kematian.

Risiko ini jarang terjadi. Namun, risiko Anda meningkat jika Anda telah menggunakan pil untuk waktu yang lama, Anda merokok, atau Anda lebih tua 35 tahun.

Memilih pil KB yang tepat untuk Anda

Ketika memilih pil KB, Anda perlu keseimbangan. Anda menginginkan cukup estrogen untuk mencegah kehamilan tetapi tidak terlalu banyak sehingga membuat Anda sakit perut. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan pil KB yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat Anda meminum pil, ikuti petunjuk dengan saksama. Minumlah pil Anda setiap hari. Jika Anda melewatkan dosis, Anda harus mengambil dosis yang terlewat sesegera mungkin. Ini berarti Anda mungkin harus minum dua pil pada hari yang sama untuk mengganti dosis yang terlewat. Meminum dua pil sekaligus lebih mungkin menyebabkan mual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar