Jumat, 24 Agustus 2018

Memilih Pil KB yang Tepat

    Pil Kombinasi
    Minipills
    Perbedaan
    Efek samping
    Penyebab
    Faktor risiko
    Dokter Anda

Memilih pil KB

Jutaan wanita Amerika menggunakan pil KB setiap bulan. Apa pun alasan Anda menggunakan alat kontrasepsi, Anda harus bekerja sama dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda menemukan pil yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Dokter Anda dapat membantu Anda mempersempit pilihan Anda sampai Anda menemukan yang terbaik bagi Anda. Ada banyak opsi yang tersedia.

Pil KB tersedia sebagai minipill progestin saja, yang hanya mengandung satu hormon, dan pil kombinasi, yang mengandung hormon estrogen dan progestin.
Apa itu Pil Kombinasi?

Pil kombinasi memiliki rasio yang berbeda, atau kombinasi, dari bahan aktif dan tidak aktif. Bentuk pil kombinasi yang umum adalah:

Pil Konvensional
Jenis pil kombinasi yang paling umum mengandung 21 pil aktif dan tujuh pil aktif, atau plasebo, pil atau 24 pil aktif dan empat pil plasebo. Setiap bulan, Anda mungkin mengalami pendarahan yang mirip dengan periode reguler saat mengambil pil yang tidak aktif.
Pil Perpanjangan-Siklus

Jika Anda ingin periode yang lebih sedikit, dokter Anda mungkin menyarankan pil yang diperpanjang-siklus, atau dosis berkelanjutan. Pil ini mengandung 84 pil aktif dan tujuh pil plasebo. Umumnya, wanita yang mengonsumsi pil jenis ini memiliki empat periode per tahun.
Pil Dosis Rendah

Pil dosis rendah mengandung kurang dari 50 mikrogram estrogen per pil aktif. Pil dosis rendah sangat ideal jika Anda sensitif terhadap hormon. Mereka juga pilihan yang baik jika Anda baru memulai pengendalian kelahiran.

Meskipun banyak wanita sukses besar dengan pil kontrasepsi dosis rendah, Anda mungkin mengalami lebih banyak perdarahan terobosan dibandingkan dengan dosis hormon yang lebih tinggi.

Pil kombinasi juga dibagi menjadi dua kategori lainnya berdasarkan dosis hormon. Kategori-kategori ini termasuk:
Pil Monophasic

Pil monophasic hanya mengandung satu fase atau tingkat hormon aktif. Tingkat hormon tetap sama di setiap pil aktif selama sebulan.
Pil Multiphasic

Tingkat bahan aktif bervariasi dalam pil multifase. Di mana Anda berada dalam siklus Anda akan menentukan tingkat kandungan aktif apa yang ada.

Nama merek pil kombinasi yang umum termasuk:

    Alesse
    Apri
    Aranelle
    Aviane
    Azurette
    Beyaz
    Caziant
    Desogen
    Enpresse
    Estrostep Fe
    Gianvi
    Kariva
    Lessina
    Levlite
    Levora
    Loestrin
    Lybrel
    Mircette
    Natazia
    Nordette
    Ocella
    Low-Ogestrel
    Lo Ovral
    Ortho-Novum
    Ortho Tri-Cyclen
    Previfem
    Reclipsen
    Safyral
    Seasonale
    Seasonique
    TriNessa
    Velivet
    Yasmin
    Yaz

Apa itu Minipills?

Minipill tersedia dalam satu campuran yang hanya progestin. Karena itu, minipill sangat bagus untuk wanita dengan kondisi medis tertentu dan mereka yang sensitif terhadap estrogen.

Tingkat hormon sama di setiap pil, dan setiap pil mengandung bahan aktif. Dosis progestin dalam minipill juga lebih rendah daripada dosis progestin dalam pil kombinasi.

Pil kombinasi secara signifikan lebih efektif dalam mencegah kehamilan daripada minipill.

Nama merek minipill umum meliputi:

    Camila
    Errin
    Heather
    Jencycla
    Jolivette
    Nor-QD
    Nora-BE
    Orthoa Micronor

 Bagaimana Kombinasi Pil dan Minipili Berbeda?

Perbedaan utama antara pil kombinasi dan minipill adalah bahwa yang satu memiliki estrogen dan yang lainnya tidak. Ada juga perbedaan mencolok tentang bagaimana setiap pil memengaruhi tubuh Anda.

Pil kombinasi mencegah kehamilan dalam tiga cara. Pertama, hormon mencegah ovarium Anda melepaskan telur. Tanpa telur, sperma tidak memiliki apa pun untuk dipupuk. Hormon juga menyebabkan penumpukan lendir yang tebal dan lengket pada pembukaan serviks Anda. Ini menyulitkan sperma untuk melewati pembukaan serviks Anda. Beberapa pil KB kombinasi juga mengencerkan lapisan rahim Anda. Tanpa lapisan tebal, telur yang dibuahi memiliki waktu yang sulit melekat dan berkembang.

Minipills mencegah kehamilan dengan mengentalkan lendir serviks dan menipiskan lapisan uterus Anda. Beberapa minipill juga dapat mencegah ovulasi, tetapi itu bukan fungsi utama pil progestin saja.
Apakah Efek Sampingnya?

Banyak wanita dapat menggunakan pil KB dengan aman dan tanpa banyak gejala atau efek samping. Namun, beberapa wanita akan mengalami masalah, terutama ketika mereka pertama kali mulai minum pil.

Efek samping pil KB kombinasi bisa termasuk:

    mual
    muntah
    sakit kepala
    penambahan berat badan, yang sering disebabkan retensi cairan
    kelembutan payudara
    perdarahan antar periode

Efek samping dari minipill progestin saja dapat meliputi:

    jerawat
    kelembutan payudara
    sakit kepala
    kelelahan
    perdarahan antar periode
    kista ovarium
    penambahan berat badan
    penurunan libido

Penyebab Efek Samping Ini?

Pil KB mengandung hormon dan dirancang untuk menjaga tingkat hormon Anda bahkan di seluruh siklus Anda. Inilah yang membantu mencegah ovulasi dan mengurangi kemungkinan Anda mengalami kehamilan yang tidak direncanakan. Fluktuasi kadar hormon Anda dapat menyebabkan efek samping. Fluktuasi ini terjadi ketika Anda mulai minum pil dan ketika Anda terlambat dengan minum pil atau melewatkan dosis.

Sebagian besar efek samping ini akan mereda setelah beberapa minggu atau bulan meminum pil. Katakan kepada dokter Anda jika Anda masih mengalami masalah ini setelah tiga bulan penggunaan berturut-turut. Anda mungkin perlu mempertimbangkan opsi pengendalian kelahiran lainnya.
Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

Bagi kebanyakan wanita, KB adalah aman dan efektif. Faktor risiko tertentu dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami efek samping. Sebelum mulai menggunakan alat kontrasepsi, bicarakan dengan dokter Anda tentang riwayat medis pribadi Anda untuk menentukan obat apa yang harus dihindari.

Anda mungkin mengalami peningkatan risiko efek samping jika Anda:

    lebih tua dari 35 dan merokok
    memiliki riwayat kanker payudara
    memiliki riwayat tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol
    memiliki riwayat serangan jantung atau penyakit jantung
    memiliki riwayat stroke
    memiliki riwayat gangguan pembekuan darah atau masalah
    telah menderita diabetes selama lebih dari 10 tahun

Jika Anda sedang menyusui, Anda mungkin perlu mempertimbangkan bentuk-bentuk alternatif pengendalian kelahiran sampai Anda berhenti menyusui. Minipill progestin saja mungkin ideal untuk beberapa ibu menyusui, jadi bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan Anda.
Berbicara dengan Dokter Anda

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mencoba memutuskan antara jenis pengendalian kelahiran. Setiap jenis pil efektif, tetapi pilihan Anda dapat berubah berdasarkan pada riwayat kesehatan pribadi Anda, gaya hidup Anda, dan hasil yang Anda butuhkan.

Timbang risiko dan manfaat dari dua jenis pil yang berbeda. Setelah Anda membuat keputusan tentang jenis pil yang Anda inginkan, dokter Anda mungkin memiliki merek atau dua merek yang dapat mereka rekomendasikan. Namun, hanya karena satu merek berfungsi untuk orang lain tidak berarti itu akan bekerja untuk Anda. Tidak jarang wanita mengubah jenis atau dosis pil KB beberapa kali sebelum menemukan opsi yang paling berhasil.

Apakah Anda memutuskan untuk menggunakan pil kombinasi atau minipill, luangkan waktu untuk menyesuaikan dan menentukan bagaimana tubuh Anda bereaksi. Kebanyakan dokter menyarankan memberikan pil khusus tiga bulan sebelum Anda beralih ke pil lain.

Katakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda atau menjadi bermasalah. Mereka mungkin menyarankan Anda mengganti pil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar