Rabu, 22 Agustus 2018

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Anak-Anak

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah salah satu kondisi paling umum pada masa kanak-kanak. Studi penelitian berbeda tentang seberapa umum kondisi ini sebenarnya, tetapi kebanyakan ahli setuju bahwa itu mempengaruhi 11% anak usia sekolah. Jika Anda tidak aktif mengasuh anak dengan ADHD, kemungkinan besar Anda mengenal seseorang yang berurusan dengan tantangan ini.

Gejala ADHD pada Anak-Anak

ADHD pada masa kanak-kanak menjadi jelas ketika anak menunjukkan gejala hiperaktif, ketidakmampuan untuk duduk diam atau memperhatikan, dan impulsivitas. Tingkat keparahan sangat bervariasi. Beberapa anak dengan ADHD mungkin hanya memerlukan intervensi dan bimbingan ringan, sementara yang lain membutuhkan dukungan yang jauh lebih besar untuk mencapai tingkat fungsi yang optimal. Sementara dokter tidak sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan ADHD, itu diyakini terkait dengan kedua perubahan dalam lingkungan kimia otak serta faktor keturunan atau genetik. ADHD cenderung berjalan dalam keluarga. Tidak mungkin mencegah ADHD.

ADHD pada Anak-anak: Anak Laki-Laki vs Anak Perempuan

ADHD lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Jenis kondisi yang paling hiperaktif adalah empat kali lebih sering terjadi pada anak laki-laki, sementara tipe yang kurang perhatian dua kali lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Anak-anak dari segala usia dapat terpengaruh, dan kondisi dapat bertahan hingga dewasa. Obat-obatan tersedia untuk perawatan gejala ADHD, meskipun mereka tidak "menyembuhkan" kondisi.

10 Tips untuk Mengasuh Anak dengan ADHD

Mengasuh anak-anak dengan ADHD dapat sangat menantang. Tips ini mungkin berguna untuk orang tua yang memiliki anak dengan ADHD. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada dua anak yang sama, dan apa yang terbaik untuk satu keluarga mungkin tidak membantu bagi yang lain. Kiat-kiat berikut didasarkan pada pendapat ahli dan strategi yang telah berguna bagi banyak keluarga anak-anak dengan ADHD.

» Bekerja bersama sebagai satu tim. Ini berarti bahwa orang tua, pendidik, tutor, terapis, dan orang lain yang terlibat dalam perawatan anak harus berada di halaman yang sama mengenai rencana perawatan dan sasaran. Berbagi informasi dengan orang lain yang terlibat dalam perawatan anak Anda adalah penting untuk memastikan bahwa dia menerima dukungan yang diperlukan. Perlakukan guru anak Anda sebagai sekutu dan bekerja bersama untuk hasil yang optimal di rumah dan di kelas.

» Rangkul struktur dan prediktabilitas. Anak-anak dengan ADHD membutuhkan definisi yang jelas tentang rutinitas dan harapan. Prediktabilitas juga berguna untuk orang dewasa dengan ADHD. Anda dapat membantu anak Anda menggunakan dan memahami jadwal dengan membuat jadwal harian yang mencakup waktu untuk bersiap-siap ke sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah, waktu bermain atau gratis, dan waktu tidur. Anak-anak yang lebih tua dapat mengambil manfaat dari penggunaan jam, pengatur waktu, atau bagan untuk membantu mereka mengelola hari mereka. Jika anak menikmati ini, dia dapat memeriksa item dari daftar periksa setelah selesai.

» Tentukan aturan dan harapan. Anak-anak dengan ADHD tidak berhubungan dengan ambiguitas atau perubahan dalam aturan dan harapan. Seperti halnya jadwal harian, mungkin berguna untuk membuat daftar tujuan, aturan, atau harapan untuk perilaku.

» Gunakan umpan balik positif. Itu selalu lebih baik menggunakan lebih banyak umpan balik positif daripada negatif ketika berbicara dengan anak Anda. Jadilah konkret dan spesifik, dan pujilah anak Anda untuk hal-hal yang ia lakukan dengan baik atau selesaikan tepat waktu daripada terus-menerus mengkritik perilaku yang dihasilkan dari gejala ADHD yang khas. Daripada menawarkan hadiah atau insentif mahal, berikan penghargaan perilaku positif dengan hadiah seperti waktu khusus dengan orang tua atau hak istimewa khusus.

» Gunakan konsekuensi yang sesuai untuk perilaku negatif. Konsekuensi untuk perilaku negatif harus adil dan tepat. Idealnya, konsekuensi untuk seorang anak dengan ADHD harus menjadi peristiwa langsung daripada sesuatu yang terjadi di masa depan. Seperti aspek-aspek lain dari jadwal anak, konsekuensi untuk perilaku negatif harus dapat diprediksi dan konsisten.

» Harus spesifik saat memberikan instruksi. Mungkin akan membantu untuk fokus pada satu tugas atau acara pada saat memberikan instruksi kepada anak Anda. Untuk anak-anak yang lebih muda, memecah tugas ke dalam langkah-langkah komponennya dapat membantu. Instruksi khusus seperti, "Taruh buku-buku itu di rak," lebih bermanfaat untuk seorang anak dengan ADHD daripada instruksi umum seperti, "Bersihkan kamar Anda."

» Tangani satu hal pada satu waktu. Meskipun Anda mungkin ingin membantu anak Anda mengatasi sejumlah masalah perilaku, lebih baik fokus pada satu atau dua pada satu waktu. Tetapkan baik jangka pendek ("belajar untuk mengontrol gangguan di meja makan selama 10 menit pada suatu waktu") dan jangka panjang ("berhenti menyela di meja makan 90% dari waktu") tujuan dan ingat untuk menggunakan pujian dan penghargaan untuk pencapaian.

» Bantu anak Anda menghilangkan gangguan dan mengatur waktu. Terutama anak-anak remaja dan anak-anak yang lebih tua mungkin memerlukan bantuan untuk membuat rutinitas pekerjaan rumah yang bebas dari gangguan. Anda dapat membantu mereka menciptakan ruang pekerjaan rumah yang menyenangkan, tenang, dan bebas dari gangguan. Anak Anda mungkin menghargai penggunaan pengatur waktu untuk membantu pekerjaan rumah agar fokus pada satu subjek selama waktu tertentu, atau menjadwalkan istirahat 10 menit setelah setiap jam mengerjakan PR. Ini juga dapat membantu untuk melihat proyek jangka panjang seperti makalah dan menyusun "rencana aksi" untuk proyek, memecahnya menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola. Anak yang lebih tua mungkin menghargai belajar menggunakan aplikasi seluler untuk membantu mereka mengatur waktu mereka.

» Model gaya hidup sehat. Anak Anda akan melihat Anda sebagai model, jadi pastikan bahwa Anda membuat model pilihan yang ingin Anda lihat untuknya sehubungan dengan diet, nutrisi, dan olahraga. Mengkonsumsi diet sehat dan mempertahankan berat badan normal akan membantu anak Anda menghadapi tuntutan ADHD dan stres hidup lainnya.

» Akhirnya, nilai dan rangkul keunikan anak Anda. Banyak orang terkenal dan berprestasi hidup dengan ADHD. Ingatkan anak-anak Anda tentang fakta ini dan bantulah mereka menemukan area di mana mereka dapat unggul. Dan jangan lupa untuk menunjukkan cinta tak bersyarat Anda untuk orang yang unik itu adalah anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar